Tata-tertib Pembelajaran

Dosen

  1. Kuliah harus dilaksanakan tepat pada waktunya sesuai dengan jadwal, berlangsung 14 minggu kerja (tidak termasuk ujian-ujian)
  2. Pada hari pertama, dosen memberitahukan:
    • Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
    • Buku teks yang digunakan
    • Sistem penilaian yang digunakan
    • Ada tidaknya ujian-ujian kecil
    • Bobot masing-masing tugas dan ujian-ujian
  3. Kehadiran dosen minimal 12 kali tatap muka (tidak termasuk UTS dan UAS). Apabila kurang dari jumlah tersebut, maka dosen wajib menambah tatap muka dan ujian dilaksanakan sendiri.
  4. Jika dosen berhalangan, sehingga kehadirannya tidak sesuai dengan jadual perkuliahan, maka dosen tersebut berkewajiban:
    • Memberitahukan ketidakhadirannya kepada SBA serta kepada mahasiswa, paling lambat sebelum perkuliahan dimulai.
    • Menggantikan kuliahnya pada kesempatan lain sesuai kesepakatan dengan mahasiswa.
  5. Mahasiswa wajib menunggu kehadiran dosen di kelas dalam waktu maksimal 30 menit. Apabila sesudah 30 menit ternyata dosen belum juga hadir, tanpa pemberitahuan maka salah seorang wakil mahasiswa melaporkan kepada Program Studi/SBP untuk mencari pengganti dosen tersebut. Apabila sudah ada kepastian bahwa dosen pengganti belum ada, mahasiswa dapat meninggalkan ruang kuliah.

Mahasiswa

  1. Selama mengikuti aktivitas perkuliahan harus berpakaian rapi dan sopan untuk wanita dan untuk laki-laki mengenakan kemeja atau kaos berkerah.
  2. Menggunakan sepatu (tidak menggunakan sandal atau selop).
  3. Tidak mengaktifkan telepon genggam.
  4. Tidak merokok dalam kelas dan dilingkungan bebas rokok di kampus.
  5. Keterlambatan maksimal 30 menit, lebih dari 30 menit tidak diperkenankan mengikuti kuliah, kecuali dengan alasan tertentu diijinkan oleh dosen pengajar atau sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh dosen pengajar pada awal perkuliahan.
  6. Tidak membawa makanan dan minuman dalam kelas.
  7. Mahasiswa yang berhak mengikuti perkuliahan ini adalah yang tercantum dalam daftar hadir.
  8. Bagi mahasiswa yang tidak tercantum dalam daftar hadir harap menghubungi ke Sekretariat Akademik. Tidak diperkenankan menuliskan nama Anda pada daftar hadir dengan tulisan tangan.
  9. Sebelum perkuliahan mahasiswa diwajibkan membaca materi yang ditentukan di dalam SAP dan bila ada, diwajibkan pula menyelesaikan tugas individu/ kelompok.
  10. Selama perkuliahan mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan dengan datang tepat waktu dan berpartisipasi dengan aktif, tidak meninggalkan kelas sebelum kuliah berakhir.
  11. Bagi mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 80 %, tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir. Kehadiran akan direkap setiap hari oleh Bagian Akademik.
  12. Surat izin dan surat sakit harus disampaikan kepada Dosen bersangkutan, dan status kehadiran sepenuhnya diserahkan kepada dosen bersangkutan.
  13. Hal-hal lain yang belum diatur dalam Peraturan ini akan diatur kemudian.