ASUP Jabar Dorong ASN Kabupaten Tangerang Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

[unpad.ac.id, 12/2/2019] Aliansi Strategis Universitas Padjadjaran-Jawa Barat (ASUP Jabar) bekerja sama dengan Bappeda Kabupaten Tangerang menggelar Bimbingan Teknis “Inovasi Pembangunan Berbasis Potensi Daerah” di Hotel The Sahira, Bogor, Rabu (30/1/) dan Kamis (31/1).

Foto bersama Direktur Aliansi Strategis Universitas Padjadjaran-Jawa Barat (ASUP Jabar) Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M. Hum., (kanan) bersama Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kiri) dan dua guru besar Unpad Prof. Dr. Erni Tiesnawati Sule, S.E., M.Si., dan Prof. Susi Dwi Harijanti, S.H., L.LM., PhD, dalam Bimbingan Teknis “Inovasi Pembangunan Berbasis Potensi Daerah” di Hotel The Sahira, Bogor, Rabu (30/1/) dan Kamis (31/1).*

Acara tersebut ditujukan untuk memberikan bekal secara teknis bagi para Aparatur Sipil Negara se-Kabupaten Tangerang agar semakin siap dalam menghadapi era industri 4.0 dan era ekonomi kreatif.

Materi dalam Bimbingan Teknis ini disampaikan oleh para akademisi Universitas Padjadjaran dalam bentuk diskusi interaktif maupun praktik. Penyampaian materi selama dua hari ini dibagi kedalam empat sesi yang satu sesinya diisi oleh dua pembicara. Tema yang disampaikan para pembicara beragam dan bertujuan untuk membangun kesiapan para aparatur

Di hari pertama pembicara sesi pertama kegiatan tersebut adalah Prof. Susi Dwi Harijanti, S.H., L.LM., PhD, dari Fakultas Hukum mengenai “Pemerintah Daerah dan Revolusi Industri 4.0”, Prof.  Dr. Erni Tiesnawati Sule, S.E., M.Si., dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengenai “Model Pengembangan ASN pada Revolusi Industri 4.0”.

Selanjutnya, di sesi kedua, Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M. Hum dari Fakultas Ilmu Budaya mengenai “Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Budaya”, dan Hari Setyowibowo, S.Psi., M. Psi dari Fakultas Psikologi mengenai “Menggali Potensi, Membangkitkan Aspirasi”.

Di hari kedua, bertindak sebagai pembicara sesi pertama yaitu Dr. Asep Mulyana., MCE dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengenai “Pengembangan UMKM 4.0”, dan Prof. Dr. Sunardhi Widyaputra “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Kesehatan dalam Pembangunan Bidang Kesehatan dari Fakultas Kedokteran Gigi.

Pembicara di sesi kedua menghadirkan Direktur ASUP Jabar Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M. Hum., mengenai “Strategi Pemetaan Potensi Kebudayaan di Era Revolusi Industri 4.0”, dan Dr. Ilham Gemiharto, M.Si. dari Fakultas Ilmu Komunikasi mengenai “Promosi & Branding dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Kreatif di Era Milenial”.

Dalam materinya, Prof. Reiza menjelaskan mengenai ragam budaya daerah beserta unsur-unsur dan wujud dari kebudayaan itu sendiri. Berbagai contoh kemajuan kebudayaan di tingkat  internasional diharapkan menjadi stimulus stimulus agar Kabupaten Tangerang dapat memiliki strategi kebudayaan.

Strategi kebudayaan sendiri merupakan sebuah rencana yang sistematis dan terstruktur untuk menjadikan sebuah unsur budaya sebagai sebuah pengetahuan, kebiasaan atau pranata yang membumi di tengah masyarakat serta mampu memberdayakan (menyejahterakan) masyarakat pendukung kebudayaan tersebut,

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M. Hum. Dalam kesempatan tersebut, ASUP Jabar memberikan cendera mata kepada Bupati Tanggerang, di antaranya botol minuman (tumbler) sebagai simbol komitmen Unpad dalam menjaga lingkungan melalui pengurangan sampah plastik.*

Rilis: Asup Jabar/art

Sumber: www.unpad.ac.id