Integrasikan Seluruh Karya Ilmiah Civitas Academica, Unpad Kembangkan Portal Kandaga

[Unpad.ac.id, 26/01/2017] Pengelolaan laman kandaga.unpad.ac.id diharapkan dapat menjadi portal dalam menyimpan dan mengakses segala karya ilmiah yang dihasilkan civitas academica Unpad. Selain menjadi ruang simpan karya ilmiah, laman ini juga dilengkapi dengan akses langgan beberapa jurnal digital internasional.

Konsultan Perpustakaan Nasional, Ismail Fahmi, saat memberikan materi pada Pelatihan Repository di Gedung Perpustakaan Pusat Unpad Kampus Jatinangor, Kamis (26/01). (Foto: Arief Maulana)*

Konsultan Perpustakaan Nasional, Ismail Fahmi, saat memberikan materi pada Pelatihan Repository di Gedung Perpustakaan Pusat Unpad Kampus Jatinangor, Kamis (26/01). (Foto: Arief Maulana)*

Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan (SDAP) Unpad, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A-K., M.Kes., mengatakan, laman Kandaga sejatinya merupakan portal untuk mengintegrasikan segala kekayaan ilmiah di Unpad, diantaranya, sistem repository, akses jurnal yang dimiliki Unpad, e-book para dosen, serta langganan akses e-resources.

Hal tersebut dikatakan Prof. Budi saat membuka Pelatihan Repository yang digelar Direktorat SDAP di Gedung Perpustakaan Pusat Unpad, Jatinangor, Kamis (26/01). Pelatihan tersebut dihadiri oleh perwakilan dosen, pengelola jurnal fakultas, dan staf Direktorat SDAP. Turut hadir sejumlah konsultan dari Perpustakaan Nasional.

Prof. Budi mengatakan, untuk sistem repository mencakup seluruh data karya ilmiah yang ditulis dosen maupun mahasiswa. Untuk dosen, data yang dimasukkan bisa berupa laporan penelitian, laporan program pengabdian kepada masyarakat serta dokumen ilmiah lainnya. Sedangkan untuk mahasiswa mencakup skripsi, tesis, disertasi, atau tugas akhir.

Data repository yang ditampilkan seluruhnya diunggah melalui Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT). Dokumen yang diunggah sebelumnya telah melalui uji plagiasi melalui aplikasi perangkat lunak Turnitin, endnote, atau SPSS oleh fakultas. Uji plagiasi ini juga digunakan untuk karya ilmiah di jurnal fakultas dan karya buku pada dosen.

“Untuk mahasiswa, karya ilmiah yang diunggah merupakan karya yang sudah melalui persetujuan dengan dosen pembimbing,” ujar Prof. Budi.

Selain untuk ditampilkan di sistem repository, pengunggahan karya ilmiah bagi mahasiswa juga merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti wisuda. Prof. Budi mengatakan, jika lulusan belum mengunggah karya ilmiah, maka dia tidak berhak mengikuti wisuda.

Lebih lanjut Prof. Budi mengatakan, katalog e-book di Kandaga merupakan ruang pamer buku para dosen di Unpad. Buku digital yang diunggah sudah melalui proses penyuntingan oleh pihak fakultas. Dalam hal ini, pihaknya melalui Unpad Press memfasilitasi karya final untuk diproses layout. Proses ini dilakukan agar buku-buku yang dihasilkan memiliki ciri khas.

Sementara untuk akses langgan e-resources, Unpad sendiri sudah melanggan beberapa jurnal elektronik internasional, diantaranya Elevier, Ebsco, dan Proquest.

Dalam kesempatan tersebut, peserta juga diberikan pelatihan teknis oleh Ismail Fahmi selaku konsultan dari Perpustakaan Nasional.*

Laporan oleh Arief Maulana

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2017/01/integrasikan-seluruh-karya-ilmiah-civitas-academica-unpad-kembangkan-portal-kandaga/

error: Content is protected !!