Unpad Ikuti Pameran Pendidikan Tinggi dan Beasiswa “LPDP Edufair 2017” di Jakarta

[Unpad.ac.id, 1/2/2017] Universitas Padjadjaran berpartisipasi dalam pameran pendidikan tinggi dan beasiswa bertajuk “LPDP Edufair 2017” yang digelar Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Selasa (31/1). Secara keseluruhan, pameran ini diikuti oleh 92 perguruan tinggi dan lembaga pendidikan dalam negeri maupun mancanegara.

Perwakilan Unpad memberikan informasi kepada pengunjung pada Pameran Pendidikan Tinggi dan Beasiswa "LPDP Edufair 2017" di Jakarta. (Foto oleh : Arif Maulana)*

Perwakilan Unpad memberikan informasi kepada pengunjung pada Pameran Pendidikan Tinggi dan Beasiswa “LPDP Edufair 2017” di Jakarta. (Foto oleh : Arif Maulana)*

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI, Hadiyanto, mengatakan, pameran digelar bertepatan dengan momentum ulang tahun kelima LPDP. Selama lima tahun berjalan, LPDP telah menyalurkan beasiswa Pascasarjana kepada 16.000 penerima alias awardee LPDP. Dari jumlah tersebut, sekitar 10.000 merupakan penerima beasiswa magister dan 3.800 penerima beasiswa doktoral atau S3.

Menurut Hadiyanto, LPDP terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Dengan melakukan program pendanaan beasiswa pendidikan, ia berharap LPDP dapat terus berkembang sesuai dengan prioritas nasional dan mewujudkan nawacita.

Pameran yang digelar ketiga kalinya ini menargetkan 16.000 pengunjung. Selain digelar di Jakarta, pameran juga digelar di Surabaya pada 2 Februari dan Yogyakarta pada 4 Februari mendatang dengan target total pengunjung mencapai 40.000 orang. Selain di Jakarta , Unpad juga akan berpartisipasi pada LPDP Edufair 2017  di Surabaya.

Selain ajang perkenalan berbagai perguruan tinggi dan lembaga pendidikan dalam maupun luar negeri, pameran ini juga diisi dengan berbagai talkshow scholarship, presentasi pendidikan tinggi, hingga presentasi mengenai prediksi test TOEFL/IELTS.

Adapun perwakilan Unpad sendiri terdiri atas Rosaria Mita Amalia, M.Hum., Safa Annisaa, S.I.Kom., dan Udin Wahyudin, S.I.P., selaku staf Direktorat Tata Kelola dan Komunikasi Publik/Kantor Internasional, serta Hj. Erlina, M.Hum., dan Linda Desyana, S.Hum., selaku perwakilan dari Direktorat Kerja Sama dan Korporasi Akademik.

Selain berpartisipasi dalam pameran, Unpad juga berpartisipasi dalam presentasi perguruan tinggi serta melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi luar negeri.

Pameran tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. Dalam sambutannya, Sri mengapresiasi program beasiswa LPDP sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Melihat semakin meningkatnya jumlah penerima beasiswa menunjukkan upaya masyarakat Indonesia dalam mendapat pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi semakin intensif.

Untuk itu, pihaknya melalui Kementerian Keuangan RI telah mengalokasikan anggaran beasiswa sebesar Rp 22,5 triliun. “LPDP ini merupakan impian setiap mahasiswa. Ini mencerminkan prioritas Pemerintah dalam peningkatan pendidikan dan riset,” ujarnya.*

Laporan oleh Arief Maulana /wep

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2017/02/unpad-ikuti-pameran-pendidikan-tinggi-dan-beasiswa-lpdp-edufair-2017-di-jakarta/