Halalbihalal Perekat Kebersamaan

[unpad.ac.id, 12/6/2019] Universitas Padjadjaran menggelar Halalbihalal Idulfitri 1440 Hijriah di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (12/6). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pimpinan, guru besar, dosen, tenaga kependidikan, mitra, hingga tamu undangan lainnya.

Pelaksana Tugas Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., bersalaman dengan Rektor ke-7 Unpad Prof. Yuyun Wirasasmita dalam acara Halalbihalal Idulfitri 1440 Hijriah di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (12/6). (Foto: Tedi Yusup)*

Pelaksana Tugas Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., mengatakan, halalbihalal ini diharapkan menjadi perekat kebersamaan bagi seluruh warga Unpad.

“Mudah-mudahan dengan limpahan rahmat karunia Allah swt, kemudian hati kita yang fitrah, serta kebersamaan menjadi kemudahan kita memasuki surga yang luasnya seluas langit dan bumi,” kata Prof. Rina dalam sambutannya.

Halalbihalal kemudian diisi dengan renungan bakda Ramadan oleh Rektor ke-11 Unpad Prof. Ganjar Kurnia. Prof. Ganjar menyampaikan, banyak hikmah yang bisa dipetik dari berbagai amaliah yang dilakukan selama Ramadan.

“Hikmah ini kemudian bisa diproyeksikan dan dianalisis ke dalam berbagai aspek kehidupan,” kata Prof. Ganjar.

Amaliah Ramadan maupun ibadah lainnya hanya akan dilaksanakan apabila seorang Muslim merasa terpanggil untuk menjalankannya. Semangat keterpanggilan seorang Muslim dalam menjalankan ibadah ini bisa diterapkan di dalam konteks kehidupan lainnya, termasuk di aspek kelembagaan Unpad.

Guru Besar Fakultas Pertanian Unpad ini menjelaskan, apakah seluruh warga Unpad sudah merasa terpanggil atau tidak dengan status keunpadan. Saat Unpad menghadapi beragam masalah, apakah seluruh warga Unpad bergerak hati dalam membantu menyelesaikan masalah tersebut.

“Kita harus bisa membuktikan bahwa kita betul-betul bisa ngahiji. Mari songsong masa depan dengan kebersamaan,” kata Prof. Ganjar.

Berikan Apresiasi

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Rina juga memberikan apresiasi kepada Rektor ke-11 Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad. Apresiasi diberikan atas semua jasa yang diberikan Prof. Tri saat menjabat sebagai Rektor.

Didampingi sang istri Tina Tri Hanggono Achmad, Prof. Tri diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan di hadapan keluarga besar Unpad. Ia menyampaikan terima kasih atas berbagai dukungan yang diberikan warga Unpad selama pengabdiannya sebagai Rektor.

“Selama jalankan tugas, Alhamdulillah, banyak kemudian yang kita peroleh bersama karena almamater ini dibangun dengan platform yang luar biasa,” kata Prof. Tri.*

Laporan oleh Arief Maulana

Sumber: unpad.ac.id