Jelang Pemilihan, Tiga Calon Ketua Umum Ika Unpad Paparkan Gagasannya

[Unpad.ac.id, 9/04/2016] Tiga calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (Ika Unpad) 2016-2020 melakukan dialog publik di Aula Kantor Redaksi HU Pikiran Rakyat, Jln. Asia Afrika No. 77, Bandung, Sabtu (9/04). Dialog Publik ini merupakan rangkaian dari tahapan pemilihan Ketua Umum Ika Unpad.

Tiga calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran, Hikmat Kurnia (kiri), Doli Kurnia (kanan), hadir dalam dialog publik di Aula Pikiran Rakyat, Jln. Asia Afrika Bandung. Satu calon lainnya, Yuddy Chrisnandi berhalangan hadir dan diwakili oleh (Foto oleh: Dadan T.)*

Tiga calon Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran, Hikmat Kurnia (kiri), Doli Kurnia (tenah), hadir dalam dialog publik di Aula Pikiran Rakyat, Jln. Asia Afrika Bandung. Satu calon lainnya, Yuddy Chrisnandi berhalangan hadir dan diwakili oleh Wahyu AP (kanan).  (Foto oleh: Dadan T.)*

Berdasarkan hasil pengundian, tiga calon tersebut yaitu: Hikmat Kurnia (FIB 1991), Ahmad Doli Kurnia (FMIPA 1991), dan Yuddy Chrisnandi (FEB 1991). Dalam dialog tersebut, Yuddy yang juga menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI berhalangan hadir.

Setiap calon mempresentasikan gagasan dan visi misi di hadapan panelis Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, Wakil Ketua Umum Ika Unpad 2012-2016 Drs. Eka Santosa, dan Wakil Ketua BEM Kema Unpad Rinaldi M. Azka, serta perwakilan alumni dengan moderator Islaminur Pempasa, Pemimpin Redaksi HU Pikiran Rakyat. Turut hadir Ketua Majelis Wali Amanat Unpad yang juga menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, MBA.

Hikmat Kurnia mengatakan, Ika Unpad harus menjadi organisasi yang mampu memberikan manfaat bagi Unpad maupun masyarakat. Salah satu kunci mewujudkan gagasan tersebut ialah mengondisikan kekuatan seluruh alumni Unpad.

“Unpad itu surplus orang-orang pintar dan hebat. Masalahnya, mau gak kita berkoneksi?” kata Hikmat.

Konektivitas ini menjadi langkah penting yang akan dibangun Hikmat di Ika Unpad. Pihaknya akan membentuk kelompok kerja (pokja) yang disesuaikan dengan profesi tiap-tiap alumni. Pokja ini nantinya akan menjadi ruang koneksi alumni yang sesuai dengan perannya.

Sementara gagasan yang disampaikan Yuddy Chrisnandi yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Wahyu Agung Permana menyampaikan gagasan bahwa Ika Unpad merupakan wadah fasilitasi alumni untuk melaksanakan berbagai program. Program yang dijalankan harus memiliki dimensi yang terus menerus, jangka panjang.

“Ika Unpad harus punya visi yang berkelanjutan dan mampu menjembatani jejaring alumni dengan potensi yang dimiliki kampus,” kata Wahyu.

Ada beberapa program yang akan dijalankan Yuddy untuk Ika Unpad, yaitu mendorong para alumni aktif berkiprah hingga level internasional, membuat program yang memberikan manfaat bagi masyarakat, memfasilitas lulusan dengan dunia kerja, memfasilitasi lulusan yang ingin melanjutkan studi, serta meningkatkan pendanaan di lini Ika Unpad maupun universitas.

2015_04_09 diskusi panel caketum ika 4 DADAN 2015_04_09 diskusi panel caketum ika 3 DADAN 2015_04_09 diskusi panel caketum ika 1 DADAN

Adapun Ahmad Doli Kurnia menyampaikan gagasan untuk meningkatkan kolektivitas alumni Unpad. Alumni Unpad harus mampu memberikan kontribusi pada empat aspek, yaitu untuk negara, kemanusiaan, masyarakat, hingga dunia.

Ada empat misi yang akan dijalankan Ahmad, yaitu Ika Unpad menjadi simpul persatuan dan jembatan komunikasi antara alumni dengan almamater; Ika Unpad menjadi episentrum minat bakat serta pengabdian para alumni; memperkuat mitra Ika sebagai salah satu pendukung Unpad menjadi World Class University (WCU); serta Ika menjadi penggerak sinergi pada semua kekuatan yang dimiliki Unpad.

Rudiantara sendiri berkomentar hingga saat ini pengorganisasian alumni Unpad tidak sebagus perguruan tinggi lainnya. “Tetapi kalau dilihat dari kualitas dan kinerja, kita tidak kalah,” kata Rudiantara.

Ia menambahkan, ketum Ika Unpad yang nanti terpilih secara ex-officio akan menjadi anggota dari Majelis Wali Amanat Unpad.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Sumber: http://www.unpad.ac.id/2016/04/jelang-pemilihan-tiga-calon-ketua-umum-ika-unpad-paparkan-gagasannya/