Joint Seminar 2015

Proceedings, International Joint Seminar MM FEB Unpad & TAKUSHOKU University 06-10 Jan 2015

Proceeding, International Joint Seminar MM FEB Unpad & RIKKYO University 06-10 2015

1

Foto Bersama Selesai Acara the “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation,  Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan oleh Program MM FEB Unpad kerjasama dengan Rikkyo University, 8 Januari 2015 di Tokyo.

2

Prof. Takahira Akita, Dr. Rita Komaladewi, Prof. Takehiko Ikegami, Prof. Noriyoshi Shiraishi, Popy Rufaidah, Ph,D; Prof. Makoto Kakinaka, Prof. Kyohei Yamada.

3

Foto Bersama Selesai Acara the “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation,  Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan oleh Program MM FEB Unpad kerjasama dengan Takushoku University, 9 Januari 2015 di Tokyo.

Student’s Comment Name
4 Agung Susilo

Employee, PT. Telekomunikasi Indonesia

Student, MM FEB Unpad

Mengikuti program the “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan oleh Program MM FEB Unpad kerjasama dengan Rikkyo University dan Takushoku University di Tokyo, Jepang, 06-10 Januari 2015 sangat bermanfaat bagi para mahasiswa untuk menambah wawasan global serta belajar dari negara-negara yang lebih maju. Program ini ternyata memberikan kesempatan terbuka untuk mengambil program double degree atau untuk melanjutkan study S3 di masa yang akan datang di Rikkyo University dan Takushoku University. Sebelum megikuti program ini, sebaiknya dipersiapkan dengan matang proposal tesis dan judul tesis tidak harus terkait dengan negara yang dikunjungi (Jepang). Karena saya yakin bahwa akademisi di Universitas Rikkyo dan Takushoku akan sangat tertarik dengan persoalan-persoalan ekonomi bisnis dan manajerial di Indonesia. Adapun proposal riset yang dipresentasikan saya berjudul “Improving Communication Effectiveness By Implementing The Japanese Communication Culture Of Horenso at Transport Operation Unit, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk”.

Kunjungan ke perusahaan korporasi ternama seperti Sony harus tetap dilanjutkan karena wawasan dari praktisi yang disampaikan seperti Mr. Hiroshi Yamamoto, GM, HRD Dept, Corporate Human Resources Division sangat bermanfaat bagi para mahasiswa.

Seminar hari pertama dilaksanakan di Universitas Rikkyo, sebuah kampus dengan bangunan yang elegan bergaya arsitektur akhir abad ke-19, mengingat universitas ini berdiri tahun 1874. Kemudian kami masuk ke aula tempat kami menyampaikan presentasi sebanyak 9 judul proposal tesis. Satu per satu presentasi mendapat tanggapan, pertanyaan dan saran dari tim dosen antara lain Prof. Takahira Akita, Prof. Noriyoshi Shiraishi, Prof. Takehiko Ikegami, Prof. Makoto Kakinaka, Prof. Kyohei Yamada. Dengan memperhatikan komentar mereka, kami dapat belajar dan mengetahui cara berpikir mereka yang simple, realistis dan konseptual.

Kunjungan ke Sony Corp, sebuah perusahaan ternama dari Jepang. Pertama-tama kami disuguhkan inovasi produk terbaru dari Sony selama 1 jam. Kemudian dilanjutkan sesi seminar dan diskusi dengan GM Human Resource Division. Dari diskusi tersebut kami dapat memahami mengapa produk Sony di Indonesia penjualannya di bawah produk Samsung-LG dari Korea. Ternyata Sony mempunyai market share yang besar di Amerika dan Eropa, dimana konsumennya lebih mementingkan kualitas tinggi dan mau membayar harga lebih mahal. Dalam inovasinya Sony juga menggabungkan antara technology, art and human interest. Menurut saya sebuah langkah yang lebih maju (the next level) daripada berfokus pada mass production dan efisiensi serta bertujuan untuk merebut pasar dengan harga lebih rendah.

Seminar pada hari kedua dilaksanakan di Universitas Takushoku, sebuah universitas yang banyak menerima mahasiswa dari luar Jepang, termasuk Indonesia. Bahkan di dalam kampus disediakan kantin yang menyajikan makanan halal. Kami juga menyampaikan presentasi di depan para dosen di antaranya Prof. Yoshino, Prof. Kobayashi dan Prof. Sendo. Tanggapan, pertanyaan dan saran dari merekadalam beberapa hal berbeda dengan para dosen di Universitas Rikkyo sehingga menambah dan melengkapi wawasan kami dalam penelitian tesis nanti.

Di luar kunjungan tersebut, kami juga sempat menikmati keindahan kota Tokyo, mengunjungi tempat wisata sambil belajar melakukan Cultural Analysis dan Marketing Analysis serta Japanese Pop Culture Analysis seperti di Asakusa, Ueno, Ginza, Odaiba, Shinjuku, Harajuku, Shibuya. Pada acara bebas saya memilih mencoba jaringan transportasi kereta di Tokyo dengan Yamanote Line (Harajuku-Shibuya-Tokyo), Tozai Line (kereta bawah tanah ke Monzen Nakacho) dan Oedo Line menuju Stasiun Kachidoki, sebuah stasiun terdekat menuju hotel Grand Harumi tempat kami menginap selama 3 malam.

Student’s Comment Name
5 Galuh Muhammad Aryadita

Employee, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat

Student, MM FEB Unpad

Perjalanan ke jepang ini merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Tujuan utama dari perjalanan ini adalah untuk mengikuti program the “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan oleh Program MM FEB Unpad kerjasama dengan Rikkyo University dan Takushoku University di Tokyo, Jepang, 06-10 Januari 2015.

Hari pertama, kami melakukan Cultural Analysis, dimana kami melihat Asakusa yaitu kuil Asakusa. Disana kita seakan akan diajak ke masa lalu dimana bangunan kuil dan lingkungan sekitar sangat kental dengan budaya jepang. Selain melihat dan merasakan lingkungan jepang di daerah asakusa; pelajaran berharga lainnya adalah melakukan Marketing Analysis, yaitu mempelajari suatu pusat berbelanja souvenir atau cinderamata khas jepang yang sangat unik.

Hari ke-2 kita memulai join seminar pertama di universitas Rikkyo jepang, universitas ini terletak di ikebukuro, Tokyo. Di universitas Rikkyo ini kita mencoba mempresentasikan paper penelitian yang sebelumnya telah kita buat. dengan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa internasional, sebanyak 9 paper kita presentasikan di hadapan para professor Universitas Rikkyo. Paper yang dipresentasikan oleh saya berjudul “Customer Motivation Towards Buying Decision Of Japanese And Korean Home Appliances” yang ditulis bersama dengan Triya Filia Santi dan Rina Mardiyanti.

Setelah presentasi di Universitas Rikkyo kita melanjutkan perjalanan menuju perusahaan sony. Disini kita belajar bagaimana proses dan cara kerja perusahaan ini sehingga menjadi perusahaan yang sangat besar. Saya merasa kagum berada di perusahaan ini dengan melihat inovasi teknologi yang terus mereka kembangkan mulai dari teknologi audio, video, bahkan teknologi kamera mereka kembangkan, wajar mereka menjadi salah satu perusahaan yang terbaik saat ini. Selepas dari perusahaan sony perjalanan berlanjut menuju daerah bernama odaiba, tempat ini sangat terkenal dengan patung karakter animasi jepang Robot Gundam dengan skala 1:1, ternyata orang jepang tidak hanya pintar dalam membuat komiknya saja namun karakter asli dalam animasi dibuat secara real. Udara dingin Tokyo seakan akan menjadi hangat ketika melihat laser show Gundam di Diver City, Odaiba Tokyo.

Hari ke-3 kita melanjutkan presentasi paper kita di universitas takushoku, sama halnya seperti di universitas sebelumnya, disini kita mempresentasikan paper kita masing masing, namun disela presentasi salah satu professor universitas takushoku mengajak kita menuju lantai atas gedung tersebut untuk melihat keindahan kota Tokyo di siang hari. Di universitas takushoku ini terdapat cukup banyak masyarakat muslim, selain karena faktor pilihan konsentrasi manajemen ekonomi syariah, makanan di universitas ini kebanyakan makanan hallal, sehingga banyak mahasisawa Indonesia melanjutkan sekolah di perguruan tinggi ini. Setelah dari universitas takushoku kita melanjutkan tour jepang kita menuju daerah harajuku dimana di daerah ini banyak sekali anak remaja jepang karena daerah ini merupakan pusat perbelanjaan anak anak remaja di jepang. Tidak jauh dari daerah harajuku kita diarahkan menuju daerah shibuya dimana daerah shibuya ini merupakan tempat paling ramai di Tokyo, selain memang menjadi salah satu pusat belanja tempat ini juga sering dijadikan tempat shooting film, salah satunya adalah film Fast and Furious Tokyo Drift.

Hari ke empat menjadi hari terkahir kita berada di negeri matahari terbit, memamg kita tidak lagi diajak berekreasi untuk melihat keanggunan negeri samurai ini, namun sebelum menuju bandara untuk kembali ke indonesia, peserta mempelajari Factory Outlet yang memperjualbelikan produk brand international. Surprise, banyak brand produk tidak ada di Indonesia dan beberapa brand international yang ada di Indonesia ternyata lebih murah jika harga tersebut di rubah menjadi rupiah. Sungguh pengalaman yang tidak bisa diganti dengan apapun, sangat mendidik, selain menyenangkan acara ini juga menambah pengetahuan. Dengan mengikuti kegiatan ini kita bisa tahu budaya, sifat, dan ciri khas masyarakat jepang, sangat menginspirasi saya untuk menjadi lebih baik. semoga teman-teman MM Unpad yang belum mengikuti kegiatan International Joint Seminar bisa ikut pada kesempatan berikutnya.

Student’s Comment Name
6 Dini Dalili

Student, MM FEB Unpad

Pertama-tama kesan yang saya dapat mengikuti program the “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan oleh Program MM FEB Unpad kerjasama dengan Rikkyo University dan Takushoku University di Tokyo, Jepang antara tanggal 06-10 Januari 2015 adalah sangat menyenangkan dan sangat menarik. Saya mempresentasikan proposal penelitian yang berjudul “Factors Analysis That Affecting Buying Decision Customers Of Sony’s Phone Cells”, yang ditulis bersama dengan Deris Kemala Kristi dan Fatima Siti Maulidya Bachrudin.

Ini menjadi moment penting bagi saya, karena dengan mengikuti kegiatan ini saya dapat banyak pelajaran dan pengalaman baru. Salah satunya, saya dapat mengetahui bagaimana budaya orang Jepang, bagaimana strategi marketing perusahaan di Jepang, sampai mendapatkan masukan dari para akademisi dari kedua universitas diatas tersebut untuk proposal penelitian yang dipresentasikan. Ini memberikan saya banyak sekali manfaat, tidak hanya sebatas travelling, tetapi hal yang paling penting dari perjalanan ini adalah mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang indah.

Adapun pesan yang dapat sampaikan adalah agar mahasiswa/i yang lain dapat merasakan pengalaman dan pengetahuan yang baru seperti yang saya rasakan, akan lebih baik kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan, karena dengan mengadakan kegiatan seperti ini, banyak sekali manfaat yang kita dapat. Dan kegiatan ini sangat efektif untuk mahasiswa/i MM Unpad.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih khususnya kepada Ibu Popy Rufaidah, SE., M.BA., Ph.D, Ibu Dr. Rita Komaladewi, SP., MM dan Bapak Yudi Azis, S.Si., SE., S.Sos., M.T., Ph.D yang telah membimbing saya dan teman-teman dalam mempersiapkan makalah yang dipresentasikan pada seminar internasional dan selama perjalanan mengikuti kegiatan ini.

Student’s Comment Name
7 Fatima Siti Maulidya Bachrudin

Student, MM FEB Unpad

Sangat membanggakan mengikuti kegiatan the “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan oleh Program MM FEB Unpad kerjasama dengan Rikkyo University dan Takushoku University di Tokyo, Jepang, 06-10 Januari 2015.

Hari pertama, presentasi di Rikkyo University sangat gugup. Paper yang dipresentasikan berjudul Factors Analysis That Affecting Buying Decision Customers Of Sony’s Phone Cells,,yang ditulis bersama Deris dan Dini Dalili. Dirasa banyak kekurangan dari presentasi yang ditampilkan. Ada sekitar 5 profesor yang hadir dan memperhatikan dengan seksama presentasi kami semua. Setidaknya 2 dari 5 profesor memberikan pertanyaan atau komentar atas materi presentasi. Hal ini menunjukkan mereka memperhatikan presentasi yang kami buat. Tapi baik dan buruk serta lebih dan kurangnya presentasi yang kami buat, mendapat apresiasi dari Ibu Popy Rufaidah, SE, MBA., Ph.D selaku Ketua Program Studi MM Unpad dan Ibu Rita selaku Sekretaris Prodi MM FE Unpad membuat kami terharu dan lebih semangat untuk tampil presentasi di kampus berikutnya.

Kunjungan ke Sony Coorporation merupakan pengalaman yang sangat luar biasa, tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Topik proposal riset yang dipresentasikan di Rikkyo University adalah produk Sony Corporation, sehingga saya bangga melihat bagaimana proses berdirinya perusahaan Sony serta prinsip yang dipegangnya, yaitu “membuat sesuatu yang tidak terfikirkan pihak lain, membuat sesuatu yang dianggap ‘weird’”. Pada saat masih menjadi ide, hal tersebut dianggap tidak masuk akal oleh orang lain. Namun setelah menjadi sesuatu, baru orang lain percaya, baru orang lain merawa ‘wow’ dengan apa yang dibuat oleh Sony. Sesuai dengan motonya, Sony, Make. Believe.

Hari kedua, presentasi di Takushoku University terasa lebih cepat dan lancar. Ada 3 profesor yang hadir, namun hanya 1 orang yang memberikan komentar dari presentasi yang dibuat. Komentarnya sangat bagus dan membangun. Kampus Takushoku ini membuat saya lebih termotivasi untuk double degree di kampus tersebut. Selain suasana kampusnya yang sangat nyaman dan modern, dosen-dosennya pun terasa lebih akrab dan terbuka dengan mahasiswanya, khususnya mahasiswa perantauan. Untuk mahasiswa lainnya, jika ada kesempatan untuk joint conference international, maka join lah! Pengalaman yang didapat, tidak kita peroleh di kampus. Buat presentasi sebaik mungkin, semakin baik presentasi kita, semakin menarik profesor terhadap presentasi kita. Bukan hanya diri sendiri yang bangga, tapi teman teman serta dosennya juga karena kita bawa nama kampus. Komentar dari profesor disana sangat berarti menjadi bahan motivasi dan membangun untuk hasil yang lebih baik lagi. Perjalanan ke Jepang pun bukan hanya perjalanan study tapi trip sosial yang menyenangkan juga untuk kita. Lebih dekat dengan teman-teman yang lain dan dosen. Semua menyatu dan saling membantu. Jaya terus MM Unpad, semoga program ini dapat terus berjalan dan lebih baik lagi. Semangat!

Student’s Comment Name
8 Donny Boy Iskandar

Student, MM FEB Unpad

Kegiatan “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang oleh Program MM FEB Unpad, College of Business, Rikkyo University dan Faculty of International Relations, Takushoku University, 06-10 Januari 2015; bagi saya adalah sebuah kesempatan besar mendapat pengalaman baru yang mungkin sangat jarang didapat.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan Cultural Analysis ketika sampai di Jepang dengan mengunjungi salah satu landmark di Kota Tokyo berupa kuil. Disana kita bisa mempelajari kebudayaan Jepang. Setelah itu, kami melakukan Marketing Analysis, yaitu melakukan analisis atas praktek pemasaran di pusat perbelanjaan paling bergengsi di Kota Tokyo, yaitu Ginza. Banyak sekali barang-barang yang sulit didapat di Indonesia dan praktek Marketing Analysis ini memberikan suatu opportunity untuk mengembangkan ide usaha.

Hal lain yang sangat saya nikmati adalah bagaimana orang Jepang sangat tertib sekali dan terlihat menghargai waktu. Inti dari perjalanan ini yaitu mengikuti kegiatan seminar. Saya dan Bapak Cucu Sumiarsa Suhada dan Bapak Gessa Panjikusumah Graha mempresentasikan paper yang berjudul “Analyzing The Application Of Kaizen In Small And Medium Scale Enterprises (SMES)”. Sesi seminar dilakukan di dua universitas yaitu Rikkyo University dan Takushoku University. Menggunakan bahasa international saat presentasi adalah tantangan sendiri bagi kami, kami harus mampu menyampaikan dengan baik agar audience dapat memahami maksud makalah yang dipresentasikan. Kegiatan ini menurut saya dapat mengembangkan kemampuan kita dalam berkomunikasi bahkan kemampuan dalam menyajikan presentasi. Pada sesi seminar ini juga, kami mendapatkan gambaran bagaimana kegiatan perkuliahan disana dan cara mereka membahas suatu permasalahan.

Tempat berikutnya yang dikunjungi adalah Sony Corporation. Kami dapat melihat teknologi mutakhir Sony yang bahkan sebagian tidak ada di pasaran di Indonesia. Negara Jepang adalah negara dengan budaya kerja yang baik namun sangat kental menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sungguh sebuah pengalaman berharga untuk bisa mengikuti kegiatan International Joint Seminar yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang oleh Program MM UNPAD atas kerjasama dengan College of Business, Rikkyo University dan Faculty of International Relations, Takushoku University.

Student’s Comment Name
9 Cucu Sumiarsa Suhada
Employee, PT. Adira Dinamika Muiltifinance
Student, MM FEB Unpad
Perjalanan Keluar Negeri bukanlah hal yang pertama saya ikuti karena dari perusahaan tempat saya bekerja sering melakukan kegiatan untuk menemani Owner Dealer atau customer yang mendapatkan program retention dari perusahaan. Akan tetapi untuk ke Jepang adalah awal pertama kali bagi saya, khususnya mengikuti kegiatan “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang oleh Program MM FEB Unpad, College of Business, Rikkyo University dan Faculty of International Relations, Takushoku University, 06-10 Januari 2015.

Pelajaran pertama yang dilakuka adalah Cultural Analysis, yaitu ketika sampai di Jepang dengan mengunjungi salah satu landmark di Kota Tokyo berupa kuil. Disana kita bisa mempelajari kebudayaan dan adat atau kebiasaan orang Jepang. Selain itu, kegiatan lainnya adalah melakukan marketing analysis di pusat perbelanjaan Kota Tokyo, disana banyak sekali barang-barang yang sulit didapat di Indonesia dan bisa jadi opportunity untuk mengembangkan ide usaha.

Hal lain yang sangat saya nikmati adalah bagaimana orang Jepang sangat tertib sekali dan terlihat menghargai waktu dan Disiplin. Kegiatan international joint seminar yang diselenggarakan MM UNPAD bagi saya adalah sebuah pengalaman baru yang belum pernah didapat. Sesi seminar dilakukan di dua universitas yaitu Takushoku University dan Rikkyo University. Menggunakan bahasa international saat presentasi adalah tantangan sendiri bagi kami, kita harus bisa menyampaikan dengan baik agar audience dapat memahami maksud kita. Kegiatan ini menurut saya dapat mengembangkan kemampuan kita dalam berkomunikasi bahkan kemampuan dalam menyajikan presentasi. Dalam sesi seminar ini juga kita bisa mendapatkan gambaran bagaimana kegiatan perkuliahan disana dan cara mereka membahas suatu permasalahan. Tempat berikutnya yang dikunjungi adalah Sony Corp. Disana kita disajikan dengan teknologi mutakhir Sony yang bahkan sebagian tidak ada di pasaran. Negara Jepang adalah negara dengan budaya kerja yang baik dan sangat menggunakan aspek teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sungguh sebuah pengalaman berharga untuk bisa mengikuti kegiatan International Joint Seminar yang diselenggarakan MM UNPAD.

Student’s Comment Name
10 Rina Mardiyanti Komarudin
Employee, PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat
Student, MM FEB Unpad
Saya ucapkan terima kasih kepada Magister Manajemen Universitas Padjadjaran yang telah mengadakan program the “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan oleh Program MM FEB Unpad kerjasama dengan Rikkyo University dan Takushoku University di Tokyo, Jepang, 06-10 Januari 2015. Khususnya saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Popy Rufaidah, SE., M.BA., Ph.D, Ibu Dr. Rita Komaladewi, SP., MM dan Bapak Yudi Azis, S.Si., SE., S.Sos., M.T., Ph.D yang telah memberikan bimbingan sejak awal pembuatan paper hingga selesai acara tersebut.
Program International Joint Seminar ini sangat bermanfaat bagi saya dalam hal kemampuan pembuatan paper guna pembuatan tesis, kemampuan menganalisis lingkungan dalam bidang pemasaran hingga kemampuan dalam hal public speeking. Terlebih public speeking menggunakan bahasa asing di salah satu negara lain merupakan pengalaman pertama dan sangat berharga bagi saya untuk saya kembangkan kemampuan public speeking saya di kemudian hari.Hari pertama, kami melakukan Cultural Analysis, bertempat di Asakusa tempat lokasi kuil Senso-ji (kuil Buddha tertua di Tokyo) berada. Selanjutnya, kami melakukan Marketing Analysis, bertempat di Ginza yaitu pusat perbelanjaan terkemuka di Tokyo dengan wilayah properti termahal di Jepang.Hari kedua, kami presentasi paper pada event International Joint Seminar dengan Rikkyo University yang berlokasi di Ikebukuro, Tokyo merupakan salah satu universitas unggulan di Tokyo. Kami diterima oleh Prof. Noriyoshi Shiraishi, Senior Vice President, Rikkyo University; dan Prof. Takahira Akita, Specially Appointed Professor, College of Business, Rikkyo University. Suatu kebanggaan tersendiri dapat melakukan presentasi di universitas tersebut. Paper yang dipresentasikan berjudul “Customer Motivation Towards Buying Decision Of Japanese And Korean Home Appliances” yang ditulis bersama dengan Triya Filia Santi dan Galuh Muhammad Aryadita.Company visit ke SONY Corporation menjadi pengalaman tidak terlupakan.Sony Corporation menampilkan segala kecanggihan yang dimilikinya. Salut sekali MM FEB Unpad dapat mengakses Sony Corporation. Pelajaran lainnya adalah mengetahui tentang Odaiba lokasi di Tokyo dengan pemandangan sunset yang indah.

Pelaksanaan International Joint Seminar pada hari kedua dilaksanakan di Takushoku University yang berlokasi di Hachioji-shi, Tokyo; merupakan salah satu universitas yang memiliki banyak pelajar asing muslim karena memiliki fasilitas musholla. Kami diterima oleh Professor Yoshino Fumio, Prof Kobayashi dan Prof. Sendo; Professor dari Faculty of International Studies dan Graduate Program of Commerce.

Pelajaran lainnya adalah mempelajari Pop Culture Jepang di daerah Harajuku dan Shibuya; dan Marketing Strategy Factory Outlet di Shisui Premium Outlets. Semoga program ini dapat menjadi program rutin untuk angkatan berikutnya yang akan bermanfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya.

Student’s Comment Name
11 Triya Filia Santi
Employee, PT.Para Bandung Propertindo
Student, MM FEB Unpad
“International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang oleh Program MM FEB Unpad, College of Business, Rikkyo University dan Faculty of International Relations, Takushoku University, 06-10 Januari 2015 merupakan pengalaman yang menyenangkan, berharga dan bermanfaat. Dengan mengikuti acara ini kami mendapat kesempatan untuk berkunjung dan mengetahui sistem perkuliahan di Jepang serta bertemu langsung dengan para profesor dari Rikkyou dan Takushoku University, dan mendapat penerimaan yang sangat baik.

Tentunya hal ini merupakan hasil dari kerjasama yang baik antara MM Unpad dan kedua universitas tersebut. Di kedua universitas ini, kami para mahasiswa harus mempresentasikan usulan riset. Proposal riset yang dipresentasikan berjudul “Customer Motivation Towards Buying Decision Of Japanese And Korean Home Appliances” yang ditulis bersama dengan Rina Mardiyanti dan Galuh Muhammad Aryadita. Materi presentasi dalam bahasa Inggris disiapkan serta menjawab pertanyaan dari para profesor atas materi usulan riset kami.

Selanjutnya, kami juga berkunjung ke kantor pusat SONY Corporation, yang terletak di jantung kota Tokyo. Kantornya sangat megah dan modern, mata dan hati terus berdecak kagum karena semua terlihat sangat canggih dan rahasia, sehingga apa apa yang kami lihat, rasakan dan alami hanya dapat kami abadikan di kepala, karena tidak diperbolehkan untuk merekam ataupun mengambil gambar. Pihak Sony memberikan kesempatan kepada kami untuk melihat piranti elektronik terbaru, bahkan ada beberapa yang belum ada di pasaran, mulai dari wall LED, Sony security sistem, Sony pictures, Sony Music, Sony home entertainment, dan juga Sony kamera. Kami juga diterima dengan sangat baik oleh GM Human Resources Sony Corporation yang menjelaskan tentang sejarah Sony dan juga langkah Sony untuk menjadi perusahaan global.

Saya sangat bersyukur bisa bergabung dalam joint seminar ini dan mendapatkan banyak pengalaman berharga . Saya yakin hal ini akan bermanfaat bukan hanya untuk keilmuan tetapi juga diaplikasikan di tempat kerja secara profesional.

Student’s Comment Name
12 Gessa Panjikusumah Graha
Employee, PT. Bank Jabar Banten Syariah
Student, MM FEB Unpad
Menjadi peserta “International Joint Seminar & Company Visit to Sony Corporation, Humanizing Collaboration between Indonesia & Japan” yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang oleh Program MM FEB Unpad, College of Business, Rikkyo University dan Faculty of International Relations, Takushoku University, 06-10 Januari 2015 adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Kami mempresentasikan suatu proposal riset dengan judul topik “Analyzing the Application of Kaizen in Small and Medium Scale Enterprises (SMEs)” di hadapan para Professor di Rikkyo University dan Takhusoku University. Sangat mengesankan, karena para presenter diberikan Certificate of Appreciation dan souvenir oleh University Vice President, Prof. Noriyoshi Shiraishi.

Company visit ke Sony Corporation yang disambut oleh Mr. Hiroshi Yamamoto, GM, HRD Dept, Corporate Human Resources Division dan Mr. Akira Sudou, Senior Manager, Global Talent Management Gp. HRD Dept. Corporate Human Resources Division.

Yang mencengakan sekaligus takjub yakni kami diajak berkunjung ke “tempat rahasia” yakni tempat hasil-hasil karya Sony Corporation dengan didampingi oleh para petugas dari pihak Sony Corporation (kami tidak diperkenakan mengambil dokumentasi di “tempat rahasia” ini). Selanjutnya, terdapat sharing session yang dipaparkan oleh Mr. Hiroshi Yamamoto. Sebagai informasi sesuai yang diucapkan oleh salah satu pejabat Sony Corp. yakni “MM Unpad adalah Universitas pertama dari Indonesia yang diperkenakan masuk ke Gedung ini secara resmi” sontak kami semakin berbangga hati.

Pelajaran yang dilakukan selama di Tokyo antara lain yakni: (1) melakukan Marketing Analysis di Nakamise, Imperial Palace, Ginza, Shibuya dan Harajuku dengan fesyen urban Jepang dan tentunya masih banyak juga yang memakai pakaian adat; (2) mempelajari budaya Jepang di Asakusa kannon Temple dan tentang kerajaan/kaisar Jepang.

Saya ingat ketika dalam perjalanan Ibu Popy Rufaidah, SE., MBA., Ph.D sebagai Ketua Program MM FEB Unpad mengatakan “You must show who you are to the world not only to the local region”. Kesan-kesan selama mengiuti program International Joint Seminar & Company Visit yang diselenggarakan oleh MM FEB Unpad adalah “overall I’m happy, Proud and Pride”. Saya dapat bergabung dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi dan percaya diri, kemampuan berbahasa asing, menambah relasi baru dan merubah pola pikir agar lebih tertib serta bertukar informasi mengenai budaya Jepang yang tentunya akan menambah value.

Pesan serta masukkan untuk kegiatan ini yakni kirannya aktivitas ini dapat dimasukkan ke dalam kurikulum agar diperoleh nilai (IPK) agar mempunyai value yang lebih bagi mahasiswa dan dijadikan hal yang wajib sebagai salah satu aktivitas akademis yang harapannya program ini dapat berjalan rutin dan terdapat “Kaizen” (Istilah budaya Jepang yakni perbaikan hal-hal yang membuat bottle neck, secara terus menerus hingga terdapat hasil maksimal sebagai salah satu tujuan dari manajemen yakni efektif dan efisien dalam segala hal). Kirannya dapat diakomodir untuk PIC dokumentasi yang dedicated agar lebih tersusun dan terorganisir lebih baik.

error: Content is protected !!