Perolehan Akreditasi Internasional ABEST21

PRESS RELEASE

PEROLEHAN AKREDITASI INTERNASIONAL ABEST21 UNTUK MAGISTER MANAJEMEN FEB UNPAD

ABEST 21aProgram Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran (MM FEB Unpad) telah mensejajarkan diri dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri dengan diperolehnya Akreditasi Internasional dari ABEST21 (Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization). Dengan akreditasi ini, maka prodi MM FEB Unpad telah diakui secara internasional melaksanakan aktivitas pembelajaran dan riset sesuai standar global. Rencana KAIZEN program studi yang telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 ini dianggap baik demikian pula penjagaan dan peningkatan kualitas pembelajaran dan riset cukup menjanjikan. Selain itu, prodi MM FEB Unpad memperoleh penghargaan Excellence in Teaching for Collaborative Based Learning dari ABEST21, yaitu pengakuan keunggulan dalam pengajaran berbasis kolaborasi melibatkan industri (pengguna lulusan), dosen, mahasiswa dan alumni.

Acara penyerahan sertifikat dilaksanakan di Univesitas Tsukuba, di Kampus Tokyo Jepang, pada General Assembly dan ABEST21 Conference tanggal 9 Maret 2014 oleh President ABEST21, Prof. Fumio Itoh, dan Vice President of ABEST21, Prof. Oleg Vikhanski, yang juga menjabat sebagai Dekan, Graduate School of Business Administration, Moscow State University, Rusia. Penghargaan diterima secara langsung oleh Dekan FEB Unpad, Dr. Nury Effendi, disertai oleh Wakil Rektor Unpad Bidang Kerjasama dan PPM, Dr. med. Setiawan, Ketua Program Studi MM FEB Unpad, Popy Rufaidah, SE., MBA., Ph.D dan Sekretaris Program Studi MM FEB Unpad, Yudi Azis, SE., S.Si., S.Sos., MT., Ph.D.

ABEST21 adalah lembaga akreditasi mandiri internasional yang berdiri sejak tahun 2005 dan saat ini beranggotakan 59 sekolah bisnis dari 18 negara. ABEST21 mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas pendidikan manajemen dan ekonomi secara luas melalui kerjasama global antar anggota yang saling menguntungkan. Berbagai kegiatan pada ABEST21 meliputi penyelenggaraan seminar dan konferensi internasional untuk penjaminan mutu, kunjungan dan kerjasama ke berbagai lembaga akreditasi nasional dan regional. Saat ini, ABEST21 telah bekerjasama secara resmi dengan AQUN, BAN PT, MQA untuk harmonisasi sistem penjaminan mutu nasional dan internasional.

Perjuangan MM Unpad untuk dapat terakreditasi internasional ABEST21 ini tidaklah mudah. Persiapan telah dilakukan selama hampir tiga tahun dimulai sejak menjadi anggota ABEST21 pada tahun 2011, penyiapan dokumen untuk persyaratan pendaftaran, penyusunan dokumen untuk rencana akreditasi, penyusunan laporan evaluasi diri serta kunjungan dari Peer-Review Team ke Unpad. Seluruh jerih payah ini akhirnya terbayar sudah dengan diperolehnya akreditasi internasional ABEST21. Akreditasi internasional bagi MM FEB Unpad merupakan pengakuan dan penghargaan internasional untuk lima bidang (visi dan misi program, kurikulum, kemahasiswaan, tenaga pendidik, infrastruktur dan tenaga pendukung) serta praktek baik dalam pendidikan manajemen (Good Practice in Management Education).

MM FEB Unpad merupakan salah satu dari program studi di Indonesia yang telah meraih akreditasi internasional ABEST21 setelah MM Universitas Brawijaya, MM Universitas Indonesia, dan MM SBM ITB. Selain MM FEB Unpad, akreditasi internasional ABEST21 tahun 2014 juga diberikan kepada beberapa program studi di Jepang dan kawasan Asia, seperti Aoyama Gakuin University, Hitotsubashi University, Kobe University, Tsukuba University, SBI University, juga Northeastern University Cina, International Islamic University Malaysia, dan Universiti Sains Malaysia.

Pada ABEST21 Conference, Unpad diminta untuk menyampaikan presentasi berjudul “Enhancing Quality of Higher Education in Indonesia “ yang disampaikan oleh Wakil Rektor Unpad Bidang Kerjasama dan PPM, Dr. med. Setiawan. Selain itu, presentasi lainnya disampaikan pula oleh Rektor IIUM Malaysia, Prof. Dato’ Sri Dr. Zaleha bt Kamarudin berjudul “ Enhancing the Quality of Management Education in a Globalized World”. ABEST21 pada kesempatan General Assembly dan Conference yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden dan Direktur Eksekutif Tsukuba University, Prof. Yuichi Ohta, PhD, membahas berbagai usulan untuk peningkatan kualitas sistem akreditasi internasional dan program organisasi untuk lebih memperkuat peran strategis ABEST21 di kawasan Asia dan global.

Keberhasilan perolehan akreditasi internasional ini bagi Unpad sangat penting, sebagai persiapan Unpad menuju PT BH tahun 2014 dalam memenuhi kriteria academic and research excellence. Diharapkan, perolehan akreditasi internasional ini secara bertahap diikuti juga oleh program studi lainnya di Unpad. Untuk itu, upaya benchmarking internal dan eksternal (nasional dan internasional) akan terus dilakukan. Kegiatan ini termasuk mengupayakan sistem penjaminan mutu internal yang memperhatikan continuing quality improvement diantaranya melalui KAIZEN program studi yang dapat dipelajari dari sistem akreditasi ABEST21.

Selamat untuk sivitas akademika FEB, khususnya juga Prodi MM FEB Unpad.

error: Content is protected !!