Metode Dan Proses Pembelajaran

Dengan diterapkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), metode pembelajaran yang digunakan di Fakultas Ekonomi saat ini telah diarahkan menuju Student Centered Learning (SCL). Metode pembelajaran SCL yang telah diterapkan di Fakultas Ekonomi mencakup antara lain:

  • Diskusi Kecil (Small Group Discussion)
  • Permainan dan Simulasi (Role-Play & Simulation)
  • Studi kasus (Case Study)
  • Contextual Instruction

Diskusi Kecil. Diskusi kecil dilakukan dengan mengarahkan mahasiwa untuk mahasiswa membentuk kelompok diskusi yang masing-masing beranggotakan sekitar 5-10 orang untuk mendiskusikan bahan yang diberikan oleh dosen atau bahan yang diperoleh sendiri oleh anggota kelompok tersebut. Aktivitas diskusi dapat dilakukan dalam rangka: membangkitkan ide, menyimpulkan poin penting, mengases tingkat skill dan pengetahuan, mengkaji kembali topik kuliah sebelumnya, menyelesaikan masalah, menelaah latihan/quiz/tugas, brainstrorming, dll. Sebagai bagian dari diskusi kecil, mahasiswa juga dapat mempresentasikan topik yang menjadi bahasan kelompoknya.

Permainan dan Simulasi. Simulasi adalah model yang membawa situasi yang mirip dengan sesungguhnya ke dalam kelas. Walaupun metode ini lebih banyak digunakan untuk mata kuliah aplikasi instrumentasi seperti halnya di Fakultas MIPA, namun beberapa bahasan dalam mata kuliah tertentu di Fakultas Ekonomi memungkinkan untuk dilakukan simulasi dalam konteks yang lebih sederhana. Tujuan dilakukan simulasi adalah untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa dan menciptakan variasi suasana dalam kegiatan PBM.

Studi Kasus. Studi kasus dilakukan dengan mengarahkan mahasiswa untuk menganalisis suatu peristiwa atau kejadian ekonomi tertentu yang sedang atau telah berlangsung dalam beberapa waktu terakhir. Tujuan Studi Kasus dilakukan untuk mempertajam pemahaman, daya pikir dan analisis mahasiswa.

Contextual Instruction. Contextual Instruction adalah mata kuliah yang membantu dosen mengaitkan isi mata kuliah dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari dan membantu mahasiswa untuk membuat keterhubungan antara pengetahuan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat, pelakuk kerja profesional, atau manajerial, entrepreneur, maupun investor.


Featured Video

Informasi KRS Online

Prosedur Registrasi Mahasiswa Universitas Padjadjaran

error: Content is protected !!