Pedoman Umum Penulisan Tesis

  1. Mahasiswa akan dinyatakan memenuhi kriteria untuk melakukan Penyusunan Tugas Akhir Karya Ilmiah berupa Tesis setelah mengikuti matakuliah dengan total kredit minimum 27 SKS untuk kelas Reguler dan kelas Non-Reguler, serta memiliki IPK minimal 3.00.
  2. Periode penyusunan Tesis sejalan dengan periode perkuliahan semester terakhir dimulai, yaitu 1 semester, setelah Surat Pemberitahuan dari Program dikeluarkan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk memperpanjang penyelesaian tesisnya selama 1 semerter, dengan pertimbangan dari Dosen Pembimbing dan persetujuan dari Program Studi.
  3. Laporan karya akhir dapat berupa Materi Praktek Lapangan dan Studi Kasus yang relevan dengan peminatan. Tujuan tugas akhir antara lain dapat melakukan integrasi pengetahuan yang telah diperoleh dari Program untuk dilihat prakteknya, baik di level korporasi, unit bisnis, maupun fungsional.
  4. Prosedur penyusunan Tesis, baik dengan metode pendekatan Survey, Praktek Lapangan, maupun Studi Kasus pada dasarnya sama, namun masing-masing memiliki ciri khas sesuai tujuan untuk guna laksana tesis tersebut, yaitu sbb:
    1. Setelah melakukan penelitian awal, mahasiswa diwajibkan mengajukan Usulan Penelitian Tesis dengan metode pendekatan sesuai dengan peminatannya masing-masing dan Usulan Pembimbing kepada Sekretaris Akademik.
    2. Tim pembimbing terdiri dari 2 orang yaitu: 1 Dosen Pembimbing Utama dan 1 Dosen Pembimbing Pendamping. Mahasiswa dapat mengajukan tim Dosen Pembimbing kepada Program Studi.
    3. Tim penguji/ penelaah terdiri dari 2 orang. Tim Dosen Pembimbing dapat mengajukan tim Dosen Penguji kepada Program Studi.
    4. Mahasiswa wajib melaksanakan ujian Seminar Usulan Penelitian.
    5. Naskah Tesis yang telah selesai dan disetujui sementara secara tertulis oleh Pembimbing, paling lambat 4 minggu atau 1 bulan sebelum Sidang Ujian, diserahkan dan didiskusikan kepada Penelaah yang ditunjuk oleh Sekretaris Akademik untuk diberi komentar tertulis pada Form “Proses Telaahan” untuk penyempurnaan substansi dan teknis penyusunan Tesis dengan pendekatan survey. Naskah Tesis yang telah disempurnakan dari hasil diskusi antara Penelaah dan mahasiswa, kemudian disampaikan kepada Pembimbing untuk diklarifikasikan dan disetujui definitif secara tertulis oleh Pembimbing. Naskah tersebut diserahkan kepada Sekretariat Akademik selambat-lambatnya 2 minggu sebelum rencana Sidang Ujian.
    6. Mahasiswa wajib melaksanakan kolokium secara terbuka. Kolokium seminimalnya dihadiri oleh Tim Pembahas dan/atau Pembimbing dan Civitas Akademika.
    7. Tesis diuji oleh Pembimbing dan Penelaah. Pembimbing Lapangan dari Pejabat Perusahaan selaku Pemberi kerja untuk praktek lapangan tidak ikut menguji.
error: Content is protected !!