Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Lembaga Pendidikan Tinggi

[unpad.ac.id, 13/2/2019] Di masa penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020, Universitas Padjadjaran kembali mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai berbagai modus penipuan mengatasnamakan lembaga pendidikan tinggi atau lembaga seleksi masuk perguruan tinggi.

Salah satu modus penipuan yang kerap terjadi adalah memberikan kemudahan bagi seseorang untuk diterima di PTN dengan syarat memberikan sejumlah uang jaminan. Modus lain yang mulai mengemuka adalah meminta identitas sebagai satu syarat kelulusan di SNMPTN atau SBMPTN. Jika tidak dilampirkan, korban ditakut-takuti tidak akan lulus SNMPTN/SBMPTN.

Menanggapi modus penipuan tersebut, Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Syauqy Lukman, M.S.M., mengatakan, Unpad mengimbau masyarakat, terutama orang tua dan calon mahasiswa agar tidak mempercayai berbagai info seputar SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN selain dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

LTMPT merupakan lembaga mandiri penyelenggara dan pengembang instrumen ujian masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Informasi ujian masuk PTN disampaikan LTMPT lewat laman resminya di www.ltmpt.ac.id serta disampaikan melalui jejaring PTN.

Terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru, Unpad sendiri membuka jalur SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri untuk program Sarjana, serta jalur mandiri untuk program Diploma dan Pascasarjana. Jalur SNMPTN didasarkan pada nilai kompetensi akademik dari Pangkalan Data Siswa Sekolah. Sementara SBMPTN dan mandiri didasarkan pada hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) maupun ujian lain yang sudah ditetapkan universitas.

“Jangan mempercayai pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menjanjikan kemudahan penerimaan mahasiswa. Apalagi sampai meminta adanya imbalan,” kata Syauqy.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru Unpad, dapat membuka laman resmi Unpad www.unpad.ac.id dan laman resmi seleksi penerimaan Unpad di www.smup.unpad.ac.id. Informasi juga bisa disampaikan melalui e-mail humas@unpad.ac.id ataupun pada kanal media sosial resmi Unpad, yaitu Facebook: unpad, Twitter: @unpad, Instagram: @universitaspadjadjaran, dan akun Line: @unpad.*

Laporan oleh Arief Maulana/am

Sumber: www.unpad.ac.id